Proses Pemrograman Dan Menangani Kesalahan - Terpadu Ilmu

NEWS

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 08 Desember 2014

Proses Pemrograman Dan Menangani Kesalahan

Proses Pemrograman Dan Menangani Kesalahan - Pemograman tidak hanya mencakup aspek penulisan program, pembentukan file yang dapat dieksekusi, dan melihat hasilnya. Dalam praktik, kegiatan penting lain yang di hadapi pemrogram adalah cara memecahkan masalah supaya dapat dituangkan ke dalam program dan mencari penyebab kesalahan.

Pemecahan masalah dilakukan dengan mempelajari kode-kode yang ditulis oleh pemrogram lain, yang dapat diperoleh misalnya di Internet, dan memahami algoritma. Algoritma adalah suatu pedoman, yang berisi sejumlah langkah, yang digunakan untuk memecahkan suatu persoalan. Contoh berikut menunjukkan suatu algoritma untuk mendapatkan bilangan ganjil antara satu sampai dengan 99.

  1. Isikan 1 ke variabel bilangan.
  2. Proseslah langkah berikut selama variabel bilangan bernilai kurang dari 99:

    1. a. Tampilkan nilai variabel bilangan.
      b. Naikkan isi variabel bilangan sebesar 2.
Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, bilangan 1, 3, 5, ..., 97, 99 akan diperoleh. Perlu diperhatikan bahwa algoritma tidak bergantung pada bahasa pemograman. Namun, berdasarkan algoritma tersebut sangat mudah untuk mewujudkannya dalam berbagai bahasa pemograman. 

Contoh di Gambar 1.A Memeperlihatkan tiga contoh  kode yang merupakan penuangan algoritma di depan dalam bahasa C++, Java, Pascal. 

Gambar 1.A Kode C++, Kode Java & Kode Pascal
Gambar 1.A Kode C++, Kode Java & Kode Pascal

Post Top Ad

Responsive Ads Here