Contoh Program C++ - Terpadu Ilmu

NEWS

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 07 Desember 2014

Contoh Program C++

Program C++ dapat ditulis dengan menggunakan sebarang editor teks, seperti EDIT (milik DOS), notepad (Windows), atau vi (Unix). Namun, beberapa tool pemrograman C++ seperti Visual C++ dan CodeBlocks menyediakan editor bawaan yang memungkinkan pemrograman menulis program tanpa melibatkan editor lain. Contoh program dapat dilihat di bawah ini.

               
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
cout << "Conth Program C++ - Bier PInter" <<endl;
cout << "Jadi PINTER itu sederhana, kuncinya adalah belajar." << endl;
return 0;
}

Anda bisa melihat Gambar 1.A Langkah awal membuat C++ Dasar melalui CodeBlocks

Langkah Pertama Membuat Program C++ - MARI BELAJAR


Setelah Anda membuat kode source yang telah saya buat diatas, anda bisa mencari bar bernama: Bulid And Run, simbol berwarna hijau. Setelah selesai menekan Build And Run, akan kelihatan hasilnya seperti pada Gambar 1.B di bawah ini.


Akhir Program

Program C++ ditulis dengan nama ekstensi .cpp (dari nama C++). Agar program ini dapat dijanlankan, program harus dikompilasi terlebih dahulu dengan menggunakan kompiler C++.

Pada saat kompilasi dilaksanakan, program sumber (.cpp) bersama header file (berekstensi .h) akan diterjemahkan oleh kompiler C++ menjadi kode objek (.o). File objek ini berupa file dalam format biner (berkode O dan 1). Perangkat yang melakukan kompilasi dinamakan kompiler.

Selanjutnya, file objek ini bersama-sama dengan file objek lain serta file pustaka (.lib) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya berupa file yang bersifat executeable (dapat dieksekusi di sistem operasi). File inilah yang dapat dijalankan dari sistem operasi secara langsung.

Gambar 1.7 memperlihatkan proses pembuatan file yang dapat dieksekusi. Masukannya berupa program berekstensi .cpp yang ditulis oleh pemrograman.

Gambar 1.7 Proses pembentukan file yang dapat dieksekusi

Post Top Ad

Responsive Ads Here