Perkembangan Model Atom - Terpadu Ilmu

NEWS

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 28 Maret 2014

Perkembangan Model Atom

Terpaduilmu.blogspot.com ~
    Perkembangan Model Atom

Pemikiran manusia tentang alam semesta dan materi yang terdapat di alam telah berkembang sejak zaman dahulu. Sebagai contoh, pada masa Yunani kuno, para ahli filsafat telah memikirkan tentang struktur materi yang bertolak dari pemikiran tentang pembelahan materi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Pemikiran ide-ide tentang struktur materi ini selalu mengalami perkembangan dan melahirkan konsep-konsep penting yang sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia di masa kini. Salah satu konsep penting yang lahir dari hasil pemikiran tentang materi tersebut adalah kosep atom.
    
   
     Salah satu konsep atom diajukan oleh seorang ahli filsafat yunani kuno, yaitu Demokritus (460?-370?SM). Demokritus dan para pengikutnya meyakini bahwa semua benda yang ada di alam ini tersusun atas partikel-partikel kecil, yang tidak dapat dilihat, dan tidak dapat dibelah (dibagi). Atom merupakan bagian paling sederhana dan terkecil dari suatu benda atau zat. Kata atom diambil dari bahasa Yunani atomos yang artinya " Tidak dapat dipotong. "

     Menurut Demokritus, atom-atom terbuat dari bahan yang sama, tetapi atom-atom dari unsur-unsur yang berbeda mempunyai perbedaan bentuk, ukuran, berat, susunan, dan posisi. Ukuran, bentuk, dan susunan atom-atom suatu zat menentukan sifat-sifat zat tersebut. Sebagai contoh, atom-atom zat cair halus (licin) sehingga atom-atom tersebut dapat bergerak dengan mudah terhadap satu sama lain, sedangkan atom-atom zat padat kasar dan bergerigi sehingga atom-atom tersebut dapat saling menempel satu sama lain.
 
     Walaupun pemikiran tentang atom sebagai bagian yang sangat kecil dan suatu zat tersebut sesuai dengan teori atom modern, peneliti pada zaman dahulu tidak memahami sifat-sifat atom atau interaksiny di dalam zat. Selama berabad-abad, para ilmuwan tidak mempunyai cara atau teknologi untuk menguji teori-teori mereka tentang struktur dasar zat, sehingga orang-orang pada masa itu menerima gagasan Demokritus tentang atom.


Selesai

Post Top Ad

Responsive Ads Here